Keuangan adalah salah satu aspek yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mengatur keuangan, seringkali kita terjebak pada kesalahan-kesalahan yang dapat menghambat pencapaian tujuan keuangan jangka panjang. Walau terkadang kesalahan ini terlihat sepele, namun ternyata dapat memberi dampak yang cukup besar dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk dapat mengenali dan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar mencapai keuangan yang lebih stabil. Berikut ini 5 kesalahan umum dalam mengatur keuangan yang harus dihindari versi Vantis.

1.    Membelanjakan Lebih dari yang Dihasilkan

Jutaan orang di dunia hidup di atas kemampuan keuangan mereka dan berjuang secara finansial sepanjang hidup mereka. Membelanjakan uang lebih dari yang dihasilkan mampu memicu hutang dan akan merugikan keuangan dalam jangka panjang.

Saat kita terbiasa membayar tagihan dengan kartu kredit atau meminjam uang untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting, maka secara perlahan kita akan terjebak dalam lingkaran hutang yang sulit diatasi. Jika Anda bisa belajar mengurangi pembelian impulsif, Anda mungkin bisa menyisihkan uang untuk digunakan pada tujuan keuangan jangka panjang.

Biasakan untuk mengevaluasi kembali anggaran Anda setiap bulannya. Hal ini akan membantu Anda melakukan penyesuaian jika pendapatan atau pengeluaran Anda berubah, dan memastikan bahwa Anda tetap memegang kendali atas keuangan Anda.

2.    Tidak Menabung untuk Keadaan Darurat

Survey tingkat nasional menunjukkan bahwa sekitar 51% orang di Indonesia tidak memiliki tabungan untuk keadaan darurat. Dengan kata lain, masih banyak orang yang tidak memiliki jaring pengaman keuangan, dan itu bisa menghancurkan keuangan mereka.

Oleh karena itu sisihkan uang tunai yang cukup untuk menutupi semua pengeluaran pribadi dan keluarga Anda selama kurang lebih 3 hingga 6 bulan kedepan. Tips mudah untuk menabung dana darurat, adalah sisihkan 10% dari pendapatan bersih Anda!

Sebagai langkah awal, Anda bisa memulainya dari 5% dan meningkatkan sebesar 1% tiap bulannya hingga Anda bisa mencapai 10%.

3.    Membutuhkan Waktu Lama untuk Melunasi Hutang dengan Bunga Tinggi

5 kesalahan umum dalam mengatur keuangan yang harus dihindari yang ketiga adalah membutuhkan waktu lama untuk melunasi hutang dengan bunga yang tinggi. Proses melunasi hutang karena bunga yang tinggi ini dapat memakan waktu lama dan menyulitkan Anda untuk menabung, terutama ketika uang bulanan terus terpotong oleh bunga yang harus dibayar.

Selain itu ketika memiliki banyak hutang, biasanya akan sulit bagi Anda untuk mengetahui mana yang harus diutamakan atau diselesaikan lebih dulu. Strategi yang baik adalah dengan mulai melunasi hutang dengan suku bunga tertinggi, seperti tagihan kartu kredit misalnya.

4.    Menggunakan Kartu Kredit Secara Berlebihan

Salah satu jebakan keuangan yang sering dihadapi adalah menumpuk hutang dari penggunaan kartu kredit yang berlebihan. Walau mungkin kartu kredit dapat membantu membangun Riwayat kredit yang baik, namun limit kartu kredit yang tinggi dapat mendorong seseorang untuk mengeluarkan di luar kemampuan.

Penggunaan kartu kredit yang bijak dapat memberikan banyak manfaat, namun penggunaan secara berlebihan juga harus dihindari. Saran dari Vantis, gunakan kartu kredit yang menawarkan program reward yang baik dan suku bunga yang wajar untuk Anda manfaatkan dalam pembelanjaan sehari-hari.

5.    Membiarkan “Lifestyle Creep” Terjadi

Ketika penghasilan Anda meningkat, tidak heran jika Anda terkadang mendapati diri Anda lebih sering berbelanja lebih banyak daripada yang sebelumnya. Fenomena ini dikenal sebagai “Lifestyle Creep”

Seorang Certified Financial Planner, Joe Lum yang berbasis di California menyebut Lifestyle Creep sebagai penyimpangan gaya hidup. Meski merayakan pencapaian dapat menciptakan umpan balik yang positif, namun pemikiran seperti ini dapat mengacaukan cara mengatur keuangan Anda.

Pastikan bahwa Anda memiliki rencana untuk setiap kenaikan gaji atau bonus, misalnya membayar hutang, berinvestasi, atau menambah tabungan.

Bagaimana Solusi Terbaik Dalam Mengelola Keuangan Pribadi?

Apabila Anda merasa pernah melakukan 5 kesalahan umum dalam mengatur keuangan yang kami sebutkan di atas dan ingin membenahinya, maka Anda harus melakukannya mulai sekarang!

Beberapa cara mengatur keuangan yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan pribadi yaitu dengan mulai menghitung pendapatan bulanan Anda, mencari tahu seberapa banyak yang Anda belanjakan, menetapkan goals untuk diri sendiri, mulai membuat rencana keuangan, menyisihkan sejumlah uang, dan langkah terakhir adalah memantau perkembangan manajemen keuangan Anda.

Setelah membaca artikel ini, penting bagi Anda untuk memeriksa kembali cara mengatur keuangan Anda dan menghindari kesalahan keuangan yang dapat merugikan keuangan Anda di masa depan. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengelola keuangan Anda, Vantis siap membantu Anda!

Kami menyediakan berbagai layanan yang dapat membantu Anda untuk mengelola keuangan, aset, dan investasi sehingga dapat mencapai goals Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan jangan biarkan kesalahan keuangan dalam mengelola keuangan pribadi  menghambat pencapaian tujuan keuangan Anda.Kapanpun Anda membutuhkan kami untuk mengelola keuangan pribadi, kami siap membantu Anda. Temukan kami disini.