Begini Strategi XL Axiata (EXCL) Mengurangi Beban Utang

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID –┬áJAKARTA. Emiten telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) berencana untuk menerbitkan saham baru melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias right issue untuk mengurangi beban utang.

Direktur dan Chief Financial Officer XL Axiata, Budi Pramantika mengatakan, selain rights issue untuk mengurangi pos utang, pihaknya berupaya untuk meningkatkan pendapatan yang tinggi dengan menghasilkan kas tambahan.

Budi bilang meningkatkan cash internal ini bisa didapat dari profitabilitas dan juga bisa lewati hasil investasi yang cepat. Dalam melakukan investasi, biasanya XL Axiata berpegang dalam satu prinsip yakni return yang lebih cepat.

Baca Juga: Meski Pos Beban Meningkat, EBITDA XL Axiata (EXCL) Meningkat 4% pada Semester I

“Kalau kami investasi kami benar-benar hitung. Kami taruh uangnya lebih sedikit dan lebih cepat. Kami punya disiplin juga, saat investasi tower pada suatu tempat,” kata Budi dalam Media Update Kinerja XL Axiata, Senin (30/8).

Dari sisi liabilitas, lanjut Budi, EXCL juga menjalin kerja sama dengan pemberi pinjaman dengan melakukan negosiasi. Misalnya dengan perubahan term and condition dan bantuan dalam melakukan ekspansi.

Baca Juga: Obligasi dan Sukuk XL Axiata (EXCL) Oversubscribed 83%

Adapun sepanjang 2022, EXCL menyiapkan belanda modal atau capital expenditure sebesar Rp 9 triliun. Sebesar Rp 3 triliun akan dibiayai dari obligasi dan sukuk, minimal bisa didapatkan awal September ini.

Adapun tingkat utang yang wajar bagi XL Axiata dapat diukur dari beberapa rasio, yaitu gross debt/EBITDA (termasuk finance lease) di sekitar 2,7 kali dan net debt/EBITDA 2,5 kali. Angka ini mirip seperti rasio utang di akhir Desember 2021.

 

Selanjutnya: Asing Net Buy Jumbo Rp 921 Miliar, Saham-saham Perbankan Ini Banyak Dikoleksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

DUKUNG KONTAN

.bg-color-linkedin { background-color: #0072b1; }

<!– hitung counter share

SHARED

–>

  •  

  •  

  •  

  •  

  •  

  • INDEKS BERITA

     

Tag
  • PT XL Axiata Tbk (EXCL)
  • XL Axiata

<!–

–> <!–

Video Pilihan

–> <!– prev ivs script

–> <!–

–>

#ivsplayer01-container { position: relative;padding-bottom: calc(56.25% + 120px); background-color: lightgray;height: auto !important } #ivsplayer01-container > ivs-player {position: absolute; top: 0;left: 0; right: 0;bottom: 0; }  

Reporter: Yuliana Hema
Editor: Wahyu T.Rahmawati

<!–

EMITEN

–>

Content retrieved from: https://investasi.kontan.co.id/news/begini-strategi-xl-axiata-excl-mengurangi-beban-utang.