kontan dot co dot id

Prediksi IHSG Jumat (1/10) naik lagi, analis rekomendasi 6 saham untuk trading

Prediksi IHSG Jumat (1/10) naik lagi, analis rekomendasi 6 saham untuk trading

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat 1 Oktober 2021 bakal melanjutkan penguatan. Kala prediksi IHSG berada di zona hijau, investor mendapat rekomendasi banyak saham untuk dicermati pada trading hari ini.

Prediksi pergerakan IHSG hari ini masih akan kembali meningkat seperti pada perdagangan Kamis (30/9). IHSG ditutup menguat 124,38 poin atau 2,02% ke level 6.286,94 pada perdagangan Kamis kemarin.

Analis Artha Sekuritas, Dennies Christoper Jordan menilai bahwa candlestick pergerakan IHSG membentuk long white body dan breakout resistance Upper Bollinger Band, dan menembus level tertinggi sejak Agustus 2021.

Secara teknikal, hal itu menandakan masih ada potensi penguatan meskipun dibayangi banyak ketidakpastian terutama terkait inflasi dan tapering Amerika Serikat. “Pergerakan masih minim sentimen akan data ekonomi dari dalam negeri,” jelas Dennies, kepada Kontan.co.id, Kamis (30/9).

Oleh karena itu, Dennies prediksi IHSG hari ini akan menguat dengan support 1 di level 6.211 dan resistance 1 di level 6.323. Lalu, support 2 pada level 6.136 dan resistance 2 pada level 6.360.

Dennies rekomendasi sejumlah saham yang dapat diamati pada perdagangan besok, antara lain PGAS, WIKA, dan ADRO.

Analis Erdhika Elit Sekuritas, Ivan Kasulthan menyebutkan penguatan signifikan IHSG didorong net buy asing untuk saham BBCA dan BBRI pada detik-detik perdagangan akhir. “Nilai net buy masing-masing mencapai Rp 733,2 miliar dan Rp 648,3 miliar,” ujarnya kemarin.

Untuk perdagangan hari ini, dia prediksi ada sentimen yang dapat mempengaruhi kinerja IHSG. Pertama, rilis beberapa data ekonomi dari AS seperti rilis data PMI manufacturing. Ivan melihat untuk bulan September sedikit masih ekspansi walaupun sedikit melambat dari bulan sebelumnya.

Kemudian sentimen penggerak IHSG juga datang dari zona Euro, rilis data inflasi yang mana terjadi peningkatan dari 3% menjadi 3,3% untuk bulan September yang mengindikasikan roda perekonomian sudah membaik. “Namun dari rilis data PMI manufacturing-nya untuk zona Euro juga masih ekspansi walaupun juga melambat dari 61,4 menjadi 58,7,” sebutnya.

Sementara dari dalam negeri, akan rilis beberapa data ekonomi seperti data inflasi yang juga terjadi peningkatan dari 1,59% menjadi 1,69% setelah adanya pelonggaran PPKM di beberapa daerah yang membuat mobilitas dan aktivitas ekonomi kembali membaik. Lalu, akan rilis data PMI manufacturing yang mana masih kontraksi namun sudah mulai membaik dari sebelumnya dari 43,7 menjadi 49.

Dengan beberapa sentimen itu, Erdhika Elit Sekuritas prediksi IHSG akan bergerak antara level support 6.263 dan resistance 6.330 pada perdagangan Jumat (1/10).

Kala prediksi IHSG menguat, Ivan rekomendasi investor untuk mencermati pergerakan harga saham MEDC, AGRO, BBRI, dan TLKM. Harga saham BBRI naik 110 poin pada perdagangan Kamis (30/9) ke level 3.850.

Harga saham TLKM juga naik sebesar 160 poin menjadi 3.690 pada hari yang sama. Bersamaan itu, harga saham AGRO naik 50 poin ke level 2.240.

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham untuk trading hari ini, Jumat 1 Oktober 2021. Semoga cuan!

Content retrieved from: https://investasi.kontan.co.id/news/prediksi-ihsg-jumat-110-naik-lagi-analis-rekomendasi-6-saham-untuk-trading.

Tags: No tags

Comments are closed.