kontan dot co dot id

Saham-Saham Grup Saratoga Kompak Menguat, Mana Saja yang Masih Layak Koleksi?

Saham-Saham Grup Saratoga Kompak Menguat, Mana Saja yang Masih Layak Koleksi?

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Saham-saham yang tergabung dalam Grup Saratoga Investama Sedaya berhasil mencetak kinerja positif dari awal tahun hingga perdagangan Kamis (21/4).

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) mengalami kenaikan harga saham 31,79% secara year to date (ytd), kemudian PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menguat hingga 45,33% secara ytd, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) naik 2,71% ytd, PT Provident Agro Tbk (PALM) tumbuh 8,05% ytd.

Kemudian saham PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) melesat 50,50%, dan saham meningkat PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) meningkat 10,92% secara ytd.

Analis Pilarmas Investindo Desy Israhyanti menilai, penguatan saham-saham Grup Saratoga salah satunya terdorong oleh kenaikan harga komoditas dan diversifikasi bisnis ke ESG untuk ADRO.

 

“Kemudian prospek infrastruktur menara ke depannya juga dinilai cerah seiring dengan tren digitalisasi yang semakin gencar. Ini menjadi penopang TBIG dan SRTG dan manufaktur yang ekspansif juga menaikkan kembali permintaan barang baku MDKA,” papar Desy, Kami (21/4).

Secara konsolidasi, Desy melihat proyeksi kinerja Saratoga cukup prospektif, dimana subsidiarynya juga menggarap bisnis yang sedang terangkat saat ini seperti komoditas dan ESG, keuangan, dan infrastruktur menara.

Jika melihat tren kinerja keuangannya tahun 2021 yang masih stabil naik, Desy memprediksi masih ada ruang untuk emiten ini mencatatkan pertumbuhan kinerja pada 2022.

 

Pada tahun lalu, Saratoga membukukan rekor laba tertinggi sebesar Rp 24,9 triliun dibandingkan dengan Rp 8,8 triliun di tahun 2020. Performa ini sebagian besar dikontribusikan oleh kenaikan harga saham TBIG, MDKA, ADRO, dan MPMX yang belum direalisasikan.

Adapun penghasilan dividen mencapai Rp 1,6 triliun yang sebagian besar dikontribusikan oleh ADRO, MPMX, dan TBIG.

 

Desy memandang saham ADRO dan SRTG menarik untuk dikoleksi karena secara valuasi masih tergolong murah serta masih ada upside sebesar 8% untuk ADRO dan 5% untuk SRTG.

Sementara itu, sambung Desy, saham MDKA dan TBIG sudah cenderung mahal secara valuasi. Ia memasang target harga untuk ADRO Rp 3.488 dan SRTG dengan TP Rp 3.860.

<!–

–> <!–

Video Pilihan

–> <!– prev ivs script

–> <!–

–>

 

Reporter: Ika Puspitasari
Editor: Noverius Laoli

<!–

REKOMENDASI SAHAM

–>

Content retrieved from: https://investasi.kontan.co.id/news/saham-saham-grup-saratoga-kompak-menguat-mana-saja-yang-masih-layak-koleksi.

Tags: No tags