Simak Strategi Bisnis Sejumlah Emiten Kabel di Tahun 2022

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Sejumlah perusahaan kebel melihat, permintaan kabel di awal tahun 2022 cenderung stagnan atau sama dengan tahun lalu. Maka dari itu, para produsen kabel ini masih berhati-hati dalam menjalankan stretagi bisnis dan tetap melanjutkan efisiensi untuk mempertahankan kinerja.

Sekretaris Perusahaan PT Voksel Electric Tbk (VOKS), Sachje Amalia Siddharta mengatakan bahwa pihaknya masih memantau keadaan pandemi Covid-19 yang saat ini kembali melonjak.

“Pastinya kami wait and see. Meskipun kami tetap beroperasi as usual dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk memastikan aspek kesehatan dan keselamatan kerja,” jelasnya kepada Kontan.co.id saat dihubungi Senin (7/2).

Melansir laporan paparan publik Desember 2021, Direktur Voksel Electric, Shen Shao Junhua mengatakan, perusahaan menganggarkan belanja modal atawa capital expenditure (capex) sebesar Rp 50 miliar.

Dana capex itu akan dialokasi untuk maintenance dan instalasi mesin serta peralatan. Namun, dia menegaskan, penggunaan anggaran capex ini bersifat fleksibel dan akan dimodifikasi mengikuti perkembangan ekonomi dan bisnis kabel di 2022.

Shen menambahkan, sebagai bagian dari strategi efisiensi dan efektivitas, VOKS akan terus berupaya menekan beban bunga non-produktif dengan mengurangi jumlah pinjaman bersamaan dengan upaya optimalisasi sumber daya yang dimiliki untuk menjaga tingkat produktivitas tetap tinggi.

Sementara itu, Direktur PT Kabelindo Murni Tbk (KBLM), Petrus Nugroho mengungkapkan, memang saat ini permintaan kabel masih sama atau stagnan seperti 2021. Jika ada peningkatan, itu sifatnya proyek.

“Untuk di tahun ini, peluang tetap ada dari pasar swasta, mengingat PLN masih belum menjanjikan walaupun ada,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (4/2).

Content retrieved from: https://investasi.kontan.co.id/news/simak-strategi-bisnis-sejumlah-emiten-kabel-di-tahun-2022.