Susul Bukalapak (BUKA), Saham Gojek Tokopedia (GOTO) Masuk Indeks LQ45

Reporter: Yuliana Hema | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID –¬†JAKARTA. Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyusul PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) masuk dalam jajaran konstituen indeks LQ45.

Berdasarkan pengumuman Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 31 Mei 2022, GOTO berhasil menduduki Indeks LQ45 dengan mendepak saham PT Waskita Karya (Perseroan) Tbk (WSKT).

Tak hanya itu, posisi WSKT di IDX30 juga berhasil digeser oleh GOTO. Adapun, GOTO juga masuk ke dalam indeks IDX80 dengan menggantikan saham PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI).

Masuknya emiten berkode saham GOTO ini berkat jalur cepat atau fast entry yang diberikan oleh Bursa Efek Indonesia. Adapun, GOTO baru efektif akan masuk ke dalam tiga indeks tersebut mulai 8 Juni-Juli 2022.

“Daftar dan jumlah saham yang digunakan dalam penghitungan indeks pada indeks-indeks tersebut akan efektif berlaku pada tanggal 8 Juni 2022,” tulis BEI dalam pengumumannya, Selasa (31/5).

Adapun, BUKA yang listing sejak 6 Agustus 2021 lalu sudah terlebih masuk ke dalam indeks LQ45. Tak tanggung-tanggung, di awal debutnya di BEI, BUKA malah masuk ke dalam lima indeks.

Mengacu pengumuman BEI pada 22 September 2021, selain indeks LQ45, saham BUKA juga masuk dalam indeks IDX30, IDX80, JII, dan JII70. BUKA juga mendapatkan tiket jalur cepat untuk masuk ke indeks-indeks tersebut.

Untuk gambaran, BEI menetapkan tiga kriteria bagi perusahaan tercatat untuk dipertimbangkan dapat segera masuk (fast entry) ke dalam konstituen indeks.

Pertama, telah tercatat minimal 20 hari bursa. Kedua, memiliki kapitalisasi pasar free float minimal berada pada peringkat 5 atau minimal 2% dari total kapitalisasi pasar free float indeks IDX30. Ketiga, memenuhi kriteria dan mengikuti proses seleksi indeks IDX30 yang ditentukan oleh BEI.

Reporter: Yuliana Hema
Editor: Herlina Kartika Dewi

<!–

BURSA EFEK / BURSA SAHAM

–>

Content retrieved from: https://investasi.kontan.co.id/news/susul-bukalapak-buka-saham-gojek-tokopedia-goto-masuk-indeks-lq45.